Rabu, 09 Desember 2009

Keluarga Tata Surya part_1




Sejak jaman dulu orang telah tahu bahwa di antara bintang-bintang yang mempunyai tempat yang tetap di langit, terdapat benda-benda langit, yang tempatnya tidak selalu tetap atau dengan kata lain selalu bergerak. Maka benda-benda itu diberi nama planetair (bahasa Yunani) yang artinya mengembara, dan kita menamakannya planet.
Di antara planet-planet itu yang dapat dilihat dengan mata telanjang (tanpa teropong) yang telah dikenal sejak zaman dulu adalah planet Merkurius, Venus, Mars, Yupiter dan Saturnus. Kemudian dengan pertolongan teropong ditemukan lagi dua buah planet, yaitu Uranus dan Neptunus. Baru pada tahun 1931 ditemukan planet kecil yang selanjutnya diberi nama Pluto. Kesembilan planet itu merupakan planet-planet besar keluarga tata surya. Selain itu diketahui pula kumpulan planet- planet kecil yang jumlahnya ribuan buah yang disebut planetoid atau asteroid.
Selain planet dan planetoid, masih tepat benda langit lain yang lebih tepat kalau dimasukkan ke dalam kelompok keluarga tata surya. Benda-benda langit itu adalah komet dan meteor. Untuk memperoleh informasi lebih banyak, mari kita bicarakan satu demi satu benda-benda langit yang menjadi keluarga tata surya itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar